Jambi-Jum’at, 10 November 2023 bertempat di Kantor Desa Tangkit Baru, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, para Mahasiswa yang tergabung dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Departemen Silvikultur IPB menyerahkan alat ukur tinggi muka air gambut (TMA) yang akan diunakan bagi pengawasan dan peringatan dini terkait kerawanan kebakaran gambut bagi masyarakat setempat.

Serah terima alat ukur Tingggi Muka Air Gambut antara mahasiswa PKKM dengan Kepala Desa Tangkit Baru, Andi Baharu Alam, SE (10/11/2023)

Program PKKM ini dilaksanakan selama bulan September hingga  November 2023 dan dilakukan di lahan gambut masyarakat yang sekarang diolah menjadi kebun nanas, dimana nanas telah menjadi komoditas ikonik Desa Tangkit Baru. Program ini dilakukan oleh 16 orang mahasiswa Semester 7 Departemen Silvikultur IPB dan 4 orang mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) dengan dosen pembimbing program yaitu Prof. Dr. Lailan Syaufina, Dr. Erianto Indra Putra dan Dr. Ati Dwi Nurhayati (IPB), serta Dr. Asmadi Saad (UNJA).

Pertemuan mahasiwa IPB dan UNJA dengan Dr. Asmadi Saad (Dosen Universitas Jambi) (9/11/2023)

PKKM adalah program yang diinisiasi oleh pemerintah, dalam hal ini Kemendikbudristek dalam rangka mewujudkan aspirasi masing-masing perguruan tinggi hinga inovasi pendidikan tinggi dalam merespon perkembangan IPTEK dimasa yang akan datang. Departemen Silvikultur IPB University pada tahun 2023 ini berkesempatan untuk memperoleh dana hibah PKKM ini. Salah satu tema besar yang diusung adalah “Iot Based Ground Water Level Monitoring For Peat Fire Prevention” dengan salah satu kegiatannya berupa magang dan instalasi perangkat IoT (Internet of Things) untuk pemantauan tinggi muka air gambut (Groundwater level – GWL) di Desa Tangkit Baru, Kabupaten Muaro Jambi dan Desa Pematang Rahim, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Perangkat IoT ini

Perangkat IoT ini terhubung dengan website sehingga dapat menghasilkan data yang cepat dan akurat dan dapat diakes dari manapun. Selian itu, mahasiswa juga merakit dan menyerahkan Piezometer sebagai alat sederhana yang dapat mengukur GWL secara mudah dan akurat sebagai peringatan dini potensi kebakaran lahan. “Alhamdulillah mahasiwa sanat aktif dan kreatif. Terimakasih, semoga dapat bermanfaat bagi Masyarakat. Saya sangat senang dan berharap kedepannya dapat kembali ke desa ini lagi”, ucap Andi selaku kepala Desa Tangkit Baru.

Pertemuan mahasiwa IPB dan UNJA dengan Dr. Asmadi Saad (Dosen Universitas Jambi) (9/11/2023)

Kegiatan magang yang dimulai pada tanggal 13 September 2023 dan berakhir pada tanggal 13 November 2023 ini diharapkan dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat tidak hanya untuk masyarakat desa namun juga sebagai ajang implementasi keilmuan yang telah diperoleh mashasiswa dalam perkuliahannya. “Semoga kegiatan ini dapat lebih mempererat hubungan kerjasama yang baik antara UNJA dan IPB, semoga program MBKM ini dapat berlanjut dan alat yang dikembangkan dapat berguna bagi masyarakat”, ujar Dr. Asmadi Saad selaku Dosen Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Mahasiwa yang selama kurang lebih 2 bulan ini tidak hanya melakukan magang berupa pemasangan dan pemantauan alat IoT, namun juga melakukan penelitian tingkat akhir. “Seru sekali, saya dapat dengan langsung bertemu dengan masyarakat, melakukan pemasangan alat, sampai dengan melakukan pengambilan data penelitian tugas akhir. Saya sangat bersyukur, terimakasih program PKKM Silvikultur IPB”, imbuh Salsa Fauziyyah selaku mahasiswa PKKM.